Tulisan dari Alumni Sabilul Hasanah
Penerima Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama Pusat.

Saya Amrina asal Sekayu, Alumni Madrasah Mualimin Mu’alimat Ponpes Sabilul Hasanah Banyuasin akan berbagi cerita kepada teman-teman semua tentang perjalanan saya dari bangku kelas 6 muallimat sampai sekarang di Ma’had Aly Tebuireng Jombang).

Disaat tahun terakhir di Sabilul Hasanah kami dibingungkan akan kemana langkah kami selanjutnya, tidak usah khawatir teman, karena semuanya sudah tertuliskan, hanya saja kita perlu ikhtiar untuk itu semua. Ketika saya sudah menjalani rangkaian ujian madrasah muallimat, mulai dari muhafadzoh, taftis Kitab, Ujian Nasional, Baca Kitab dll,saya hanya tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

Disini saya bimbang ingin melanjutkan studi saya kemana setelah dari sini, kebetulan ada tawaran yang menurut saya menarik , yaitu program beasiswa santri berprestasi (PBSB). yang mana program PBSB tersebut tidak hanya menawarkan kepada santri untuk masuk universitas-universitas saja, melainkan ada program baru yaitu perguruan tinggi Ma’had Aly,

Makhad Aly ini saya rasa cocok jika diambil oleh santri mualimin-muallimat karena mata kuliah di Ma’had Aly tidak jauh berbeda dengan mata pelajaran saat kita disekolah yaitu berkutat pada kitab-kitab kuning, namun tidak menutup kemungkinan untuk diikuti juga oleh santri non muallimat, misalnya Madrasah Aliyah.

Ketika itu, ada 5 Ma’had Aly yang ditawarkan dalam program beasiswa ini. Dan lagi-lagi saya harus memilih di Ma’had Aly manakah saya ingin melanjutkan studi saya nantinya.

Dan pada akhirnya saya memilih Ma’had Aly Tebuireng Jombang, dengan berbagai alasan tentunya. Hingga akhirnya saya mengikuti tes bersama 12 orang lainnya untuk mewujudkan sebuah harapan itu.

Setelah tes terlaksana , kami menunggu hasil keputusan, yang mana kuota beasiswa hanya 170-an diperebutkan oleh ribuan santri di seluruh Indonesia.

Tak terasa hari pengumuman pun tiba , dan akhirnya saya mendapatkan kabar bahwasannya saya lulus dalam tes PBSB ini. Alhamdulillah…

Pada tahun 2019 kemsrin dari pondok Sabilul Hasanah ada 2 orang anak yang lulus dan semuanya di terima di Ma’had Aly. Yaitu di Tebu Ireng Jombang dan di Kebon Jambu Cirebon.

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari merupakan lembaga pendidikan tinggi setingkat S1, setara dengan perguruan tinggi yang diselenggarakan Kementerian Agama. Didirikan pada 6 September 2006 atas prakarsa (alm) KH. Muhammad Yusuf Hasyim dan dilestarikan oleh Gus Solah.

Dengan prinsip melahirkan generasi Khairu Ummah, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menyelenggarakan studi-studi agama secara mendalam melalui perpaduan sistem pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi modern. Dari sini diharapkan akan lahir para intelektual muslim yang memiliki akhlaqul karimah dengan kadar intelektualitas global.

Adapun untuk jurusannya di Makhad Aly Tebu Ireng adalah Hadits Wa Ulumihi dan nantinya para alumninya mendapat gelar S.Ag.

Semoga tulisan ini dapat memotivasi para adik kelas yang akan mengambil Beasiswa Santri Berprestasi seperti saya nanti. Dan semoga ada yang menyusul, menerima Beasiswa ke Makhad Aly Tebu Ireng Jombang…

Dan terima kasih untuk segenap para Ustadz dan Ustadzah dan Romo Kyai Mudarris yang telah membimbing kami selama berada di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah…

Tebu Ireng, Jombang
7 Februari 2020.
Amrina Jamilatus Sholikha.

DomaiNesia DomaiNesia